Harus mulai dari mana?

Oke, secara garis besar kamu sudah paham apa saja ekspektasi dosen dari sebuah skripsi, tapi menulis mulai dari mana, ya? Kalau kamu kebingungan apa langkah pertama dalam menulis skripsi kamu harus membaca bagian ini secara detail.

Kalau kamu sudah merasa bisa atau bahkan sudah memulai menulis, tetap di sarankan buat kamu untuk membacanya. Jangan sampai kamu sudah menulis berpuluh-puluh halaman tapi skripsi kamu pada akhirnya tidak di Acc sama dospem, atau lebih parah lagi proposal skripsi kamu mustahil untuk dilaksanakan.

1. Lakukan tinjauan pustaka terhadap topik yang kamu pilih

Tahap ini adalah tahap paling krusial dalam penyusunan proposal skripsi, kamu harus menghabiskan banyak waktu untuk membaca riset-riset sebelumnya pada topik yang kamu pilih. Apa saja yang harus kamu cari saat melakukan tinjauan pustaka akan kita bahas spesifik di sub-bab setelah ini

2. Mulai tulis dari latar belakang

Kamu tak perlu menyelesaikan latar belakang secara komplit dan lengkap, cukup buat poin-poin penting yang akan ada. Kamu perlu mengutarakan mengapa topik yang kamu pilih penting dan kebaruan apa yang kamu bawa dalam penelitian kamu (ini hasil dari tinjauan pustaka yang ekstensif ya).

3. Tentukan konsep, indikator, dan variabel yang akan digunakan

Hal ini mungkin akan berubah seiring waktu, namun kamu tetap harus menetapkan variabel apa yang akan kamu gunakan di awalan ini untuk menuju tahap selanjutnya

4. Cek ketersediaan literatur (terutama untuk metode kualitatif)

Kamu perlu memastikan bahwa sudah ada penelitian-penelitian sebelumnya yang membahas topik besar yang sama dengan yang kamu lakukan.

5. Cek ketersediaan data (terutama untuk metode kuantitatif)

Kamu harus benar-benar memastikan bahwa data kuantitatif yang akan kamu gunakan tersedia (untuk data sekunder) atau dapat didapatkan (untuk data primer). Untuk data sekunder pengecekan cukup mudah, kamu hanya perlu memastikan bahwa data yang kamu gunakan bisa didapatkan dari sumber sekunder.

Untuk data primer, kamu harus memastikan terlebih dahulu ketersediaan literatur sebelumnya yang menggunakan konsep serupa. Umumnya di level S1 kamu akan mereplikasi pertanyaan survei dari penelitian sebelumnya, untuk itu kamu harus mencari dengan jeli apakah konsep yang akan kamu gunakan pernah dibahas sebelumnya. Bila memang tidak ada ada-baiknya kamu diskusikan dahulu dengan dosen pembimbing. Karena pembahasan ini cukup kompleks, kita akan bahas di sub-bab sendiri juga ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *