Apa sih yang dicari dosen pembimbing dan penguji dalam sebuah skripsi?

Sebelum memulai menulis proposal skripsi, kamu harus paham, bagaimana sih skripsi yang dianggap “baik” oleh dosen pembimbing ataupun penguji. Kriteria ini mungkin tidak akan bisa mencakup atau meringkas secara detail semua keinginan dosen pembimbing dan penguji, tetapi beberapa hal yang nanti akan disebutkan dapat menjadi gambaran tentang ekspektasi dosen dari hasil skripsi yang kamu jalankan.

Kesan pertama

Tampilan

Tampilan merupakan bagian utama yang akan pertama dilihat oleh siapapun pembacanya, baik itu dosen pembimbing, dosen penguji, bagian administrasi kampus, bahkan hingga adik tingkat kamu, jika skripsi kamu digunakan sebagai referensi. Sampul yang rapi, daftar isi,tabel, dan tata letak halaman yang dirancang dengan baik memberikan kesan yang baik untuk memulai. Ingatlah bahwa skripsi kamu akan menumpuk dengan skripsi yang lain, sehingga kerapihan dapat menjadi salah satu keunggulan skripsi kamu, meskipun belum tentu akan berpengaruh terhadap nilai akhir.

Pengorganisasian

Hasil baca cepat terhadap skripsi kamu harus memberikan kesan langsung tentang bagaimana skripsi kamu diatur. Apakah bagian-bagian memiliki judul yang jelas, pembagian bab yang mudah terlihat, dan susunan yang logis dari bagian-bagian penelitian. Penguji dan pembimbing akan merasa jauh lebih nyaman dengan pekerjaan yang mudah dinavigasi. Struktur yang jelas merupakan indikasi kuat dari kejelasan berpikir, sebuah aspek penting dari skripsi kamu sehingga mengorganisir skripsi dengan baik dapat menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan.

Panjang skripsi

Jumlah halaman harus sesuai dengan persyaratan yang telah dibuat baik dari universitas maupun program studi kamu. Skripsi yang terlihat terlalu tipis atau terlalu tebal akan menjadi red flag bagi penguji dan pembimbing. Akan sulit untuk memberikan nilai yang cukup untuk skripsi yang terlalu tipis, dan skripsi yang terlalu tebal akan memberatkan penguji untuk mengoreksinya.

Tinjauan Singkat

Abstrak

Meskipun tidak selalu merupakan persyaratan, abstrak sangat berguna sebagai pengantar singkat yang tidak boleh ditinggalkan. Ringkaslah seluruh skripsi kamu dalam 150–200 kata, dimulai dari pendahuluan, latar belakang skripsi, metodologi penelitian, termasuk kesimpulan utama. Bukan tugas yang mudah, tetapi praktik yang baik, dan akan menunjukkan pemikiran yang jernih.

Daftar isi

Terletak pada bagian depan skripsi, daftar isi memberikan gambaran sederhana, tidak hanya tentang apa yang ada di dalam teks, tetapi juga bagaimana teks itu disusun. Ini juga akan menyediakan alat navigasi yang berguna untuk nanti menemukan nomor halaman dari bagian yang berbeda.

Kesimpulan Utama

Salah satu poin utama dalam melakukan skripsi adalah sampai pada kesimpulan berdasarkan penelitian. Bab terakhir harus menguraikan kesimpulan dengan sangat jelas sehingga skripsi kamu dapat dipilih oleh pemeriksa hanya dengan memindai halaman atau biasa disebut sebagai screening reading. Ia akan memeriksa apakah kesimpulan-kesimpulan itu berhubungan persis atau telah berhasil menjawab masalah atau pertanyaan penelitian.

Daftar referensi

Referensi akan menjadi ukuran bacaan latar belakang kamu, baik secara mendalam maupun dalam cakupannya. kamu akan membuat penguji dan pembimbing kamu terkesan jika buku-buku dan artikel ilmiah yang relevan dikutip.

Bacaan mendetail

Relevansi dan kualitas studi latar belakang

Kamu tidak akan menemukan suatu penemuan yang benar-benar baru. Apa pun subjek yang kamu tangani, akan ada banyak penulis dan pakar lain yang telah bekerja di bidang yang sama. Pembimbing dan penguji akan melihat apakah kamu telah menemukan artikel utama yang relevan dengan studi kamu dan telah memahami apa yang telah mereka tulis. Ini akan memberikan konteks untuk penelitian kamu sendiri dan akan memungkinkan kamu untuk menunjukkan dengan tepat masalah tertentu yang akan kamu tangani dalam penelitian kamu. Ini juga akan memberikan panduan tentang bagaimana penelitian dapat dilakukan. Sehingga menggunakan referensi yang kuat pada latar belakang merupakan salah satu hal yang dapat kamu pastikan dengan baik.

Kejelasan masalah atau pertanyaan penelitian

Penting untuk menjadi jelas, tidak hanya dalam pikiran kamu sendiri tetapi juga dalam tulisan kamu, tentang masalah atau pertanyaan yang sebenarnya sedang kamu tangani. Ini adalah batu fondasi skripsi kamu dan menghasilkan tujuan utama penelitian. Masalah penelitian atau pertanyaan akan diuraikan dan dibedah selama studi kamu, tetapi tetap menjadi kunci dari semua upaya penelitian kamu.Mungkin dibutuhkan tulisan sepanjang skripsi bagi penguji untuk menghubungkan tulisan dengan fokus yang berasal dari masalah atau pertanyaan penelitian.

Pemilihan metode pengumpulan dan analisis data

Salah satu tujuan utama skripsi adalah untuk menemukan dan menerapkan metode penelitian dasar. Pilihan metode sangat besar dan beragam, sehingga pemilihan metode dan kesesuaiannya dengan data yang kamu miliki akan menjadi salah satu perhatian penguji.

Soliditas argumen untuk mendukung temuan dan kesimpulan

Kamu dapat melihat keseluruhan skripsi sebagai karya detektif, dengan laporan sebagai bukti dan argumen yang mengarah pada kesimpulan kamu. Apakah kamu memiliki kasus tanpa celah? Penguji akan membedah logika argumen kamu dan menimbang kekuatan kesimpulan kamu berdasarkan bukti yang kamu kemukakan.

Kualitas referensi

Pekerjaan kamu pasti akan didasarkan pada penelitian dan tulisan orang lain; lagi pula, begitulah cara kita belajar tentang banyak hal. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengakui sumber informasi dan ide kamu dengan menggunakan sistem kutipan dan referensi secara konsisten.

Kualitas dari kepenulisan

Bentuk utama komunikasi kamu dalam skripsi adalah kata-kata tertulis. Ejaan dan tata bahasa yang benar adalah persyaratan dasar dan utama yang harus kamu perhatikan dalam penulisan skripsi. Konstruksi kalimat dan paragraf yang tepat juga penting; biasanya konstruksi kalimat sebagian akan terpengaruh oleh pribadi kamu. Kamu harus membidik kejelasan secara keseluruhan kamu dapat membuat tulisan kamu secara lebih terstruktur. Penguji akan memiliki waktu terbatas untuk membaca pekerjaan kamu, jadi buat dia mudah: kamu akan dihargai untuk ini.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *